Tugas Akhir Cyberpreneurship

DIGITAL MARKETING
MATAKULIAH
CYBERPRENEURSHIP



16 Rizki Putra Pratama (AA)




FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS BUDI LUHUR
2019



ABSTRAK
Dekade ini telah terjadi sebuah kemajuan teknologi yang cukup luar biasa yang melanda hampir di semua belahan bumi ini. Dimana teknologi komputer mampu membuat sebuah dunia baru yang sering kita sebut dunia maya melalui layanan internet. Salah satunya adalah bisnis berbasis online atau yang sering disebut Cyberpreneurship. Cyberpreneur atau infopreneur adalah mereka yang memanfaatkan cyberspace atau dunia maya untuk mengembangkan bisnis atau mendapatkan profit. Untuk mengaplikasikan konsep cyberpreneur dikembangkan konsep atau rumus dasar dalam mengaplikasikan konsep cyberpreneur, yaitu : Content – Traffic – Presell – Monetize.
Konsep di atas apabila diaplikasikan pada UKM dimaksudkan bahwa UKM yang ingin sukses berbisnis secara online dituntut untuk memiliki atau membangun website yang hidup sebagai usaha, oleh karena itu UKM tersebut harus memulianya dengan membangun Isi atau Content yang bermutu. Dengan adanya isi yang bagus akan menarik pengunjung atau Traffic akan meningkat. Setelah pengunjung datang tugas selanjutnya adalah membangun Pra Jual atau Presell yakni menarik hati pengunjung atau pelanggan.Selanjutnya kita membangun kepercayaan mereka pelanggan terhadap kita dan produk kita. Setelah itu baru pada saatnya kita akan mendatangkan uang dengan strategi Monetise (web yang menghasilkan uang) dengan tepat.





Kata Pengantar
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah     “ Cyberpreneurship” di Universitas Budi Luhur. 

Pada kesempatan yang baik ini, izinkanlah penulis menyampaikan rasa hormat dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang dengan tulus ikhlas telah memberikan bantuan dan dorongan kepada penulis dalam menyelesaikan penulisan ini, terutama kepada :


Bapak Subandi, S.Kom, M.Kom selaku Dosen Mata Kuliah Cyberpreneurship Universitas Budi Luhur.


Penulis menyadari bahwa tugas ini masih banyak kekurangan baik bentuk, isi, maupun teknik penyajiannya. Oleh karena itu, kritikan yang bersifat membangun dari berbagai pihak penulis terima dengan tangan terbuka dan sangat diharapkan. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih dan semoga tugas ini bermanfaat bagi para pembaca.
                       

    Jakarta, 2 Mei 2019

         Penulis

Daftar Isi
Halaman Judul............................................................................................................... i
Abstrak ………………………………………………………………………………...ii
Kata pengantar ………………………………………………………………………...iii
Daftar Isi ………………………………………………………………………………iv

BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………....1
1.1.Latar Belakang ……………………………………………………………...1
1.2.Tujuan ……………………………………………………………………...1

BAB II LANDASAN TEORI………………………………………………………...2
2.1. Digital Marketing ………………………………………………………….2
2.2. Kategori Digital Marketing………………………………………………...2
         2.2.1. Seo………………………………………………………………….2
         2.2.2. Sem…………………………………………………………………2
         2.2.3. Content Marketing………………………………………………….2
         2.2.4. PPC…………………………………………………………………3
2.3. Cyberpreneurship…………………………………………………………...3
2.4. E-Commerce ……………………………………………………………….3
2.5. Contoh E-Commerce…………………………………………………….....4
        2.5.1. Sejarah Tokopedia………………………………………………..….4
        2.5.2. Pengertian Tokopedia………………………………………………..5
2.6. Social Media………………………………………………………………..5
2.7. Sejarah & Perkembangan Social Media…………………………………....5
2.8. Jenis – Jenis Social Media………………………………………………….6
2.9. Sejarah Instagram…………………………………………………………..7
2.10. Pengertian Instagram……………………………………………………...8

BAB III IMPLEMENTASI…………………….…………………………………….9
3.1. Buat Akun Dan Daftar Tokopedia………………………………………....9
         3.1.1. Cara Membuat Marketplace Online Tokopedia…………………....10
                    3.1.2. Cara Memasarkan Produk Di Tokopedia…………………………..13
                    3.1.3. Melakukan Pembelian Di Tokopedia………………………………16
3.2. Social Media……………………………………………………………….20
         3.2.1. Membuat Akun Instagram…….…………………………………...20
                     3.2.2. Cara Menambahkan Teman Di Instagram…………………………22
                     3.2.3. Cara Menambahkan Foto Di Instagram……………………………23
                     3.2.4. Memulai Bisnis Online Di Instagram……………………………....26
                     3.2.5. Cara Membuat Status Atau Instastory Di Instagram………………29

BAB IV PENUTUP…………………………………………………………………...32
4.1. Kesimpulan ………………………………………………………………...32
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………....33






BAB I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.

Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.



1.2. Tujuan

Memahami pengertian dari E-Commerce
Dapat mengetahui salah satu aplikasi dari E-Commerce.
Mengerti perkembangan E-Commerce.
Menambah wawasan dan pengetahun mengenai E-Commerce.



BAB II
LANDASAN TEORI

2.1. Digital Marketing
Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.

     
2.2. Kategoti Digital Marketing

2.2.1. SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO itu sendiri adalah usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur.
2.2.2. SEM
SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang sama, Anda mungkin masih bingung apa bedanya SEO dan SEM. Kami sudah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.

2.2.3. Content Marketing

Content marketing adalah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang seperti apa? Konten yang sifatnya relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens. Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud adalah yang telah ditetapkan dengan jelas sebagai target pasar Anda. Tujuannya? Sama seperti pemasaran secara keseluruhan itu sendiri, yaitu untuk mendorong tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.
Apa saja sih contoh penerapan content marketing? Ada sangat banyak sebenarnya, termasuk pesan email ke pelanggan. Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang bisa meningkatkan ketertarikan pasar hingga mereka mau bertransaksi bahkan loyal kepada produsen. Khalayak bisa begitu karena merasa bagian dari brand yang mereka banggakan. Jadi, content marketing sangat penting.


2.2.4. PPC
PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click. PPC ini merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay Per Impression), yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000 kali kemunculan).
Contoh PPC adalah dari AdWords dari Google.

2.3.Cyberpreneurship
Cyberpreneurship adalah suatu langkah atau cara untuk mempromosikan suatu barang atau jasa melalui teknologi internet. Dalam hal ini usaha dan bisnis yang dipromosikan menggunakan brosur elektronik yang dikenal dengan homepage pada internet. Cyberpreneurship adalah jiwa kewirausahaan yang memanfaatkan media internet. Cyberpreneurship juga dapat diartikan sebagai kiat-kiat untuk mencari peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang tersedia di internet.

2.4. E-Commerce
E-Commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. Selain itu, E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik. Dalam melakukan E-Commerce penggunaan internet menjadi pilihan favorit oleh kebanyakan orang karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet tersebut, yaitu :

a.       Internet sebagai jaringan public yang sangat besar, cepat dan kemudahan dalam mengaksesnya

b.      Internet menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
Sehingga kehadiran E-Commerce sebagai media transaksi yang baru, cepat dan mudah ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses jual beli dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.
Selain itu, ada pula E-Commerce Indonesia yang merupakan tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti etalase toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja).

Ada juga Commerce Net Indonesia sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia yang menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet. Indonesia sendiri telah bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank Indonesia. Selain itu, ada pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, seperti Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.



2.5. Contoh E-Commerce
Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah satu contoh paling populer dari e-commerce. Penjual membuat etalase produk di internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara online adalah Tokopedia.




2.5.1. Sejarah Tokopedia
Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapat suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013). Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.
Pada bulan Agustus 2017, Tokopedia menerima investasi sebesar USD 1,1 milyar dari Alibaba. Dikabarkan bahwa keputusan ini dilakukan agar Alibaba dapat semakin memperluas jaringannya di Indonesia dan Asia Tenggara setelah sebelumnya membeli saham Lazada.
Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis daring di Indonesia, Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. pada tanggal 11 Desember 2014. Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016.
Pada tahun 2018, Tokopedia kembali meraih beberapa penghargaan. Mei lalu lalu aplikasi Tokopedia berhasil memuncaki Apple Store mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Sementara di Android, Tokopedia juga berhasil menjadi #3 Top Chart di Google Play mengalahkan Facebook dan Instagram. Pada Desember 2018 Tokopedia terpilih sebagai aplikasi terbaik pilihan masyarakat di Google Play.

2.5.2. Pengertian Tokopedia

Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.
Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi "Membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun. Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian. Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring. Usaha ini juga terlihat dari berbagai program yang dibuat maupun diinisiasi oleh Tokopedia dengan bekerjasama dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018. Acara yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia ini merupakan panggung perayaan kreasi lokal yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif dalam negeri.

2.6. Social Media
Social media adalah salah satu cara bagi orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara online. Dalam beberapa tahun terakhir ini, membuat konten juga sudah menjadi semakin simple. Yang telah membantu meroketnya penggunaan media sosial. Pengguna web sekarang dapat dengan mudah membuat konten pada sejumlah platform yang berkembang pesat, seperti blog dan forum, lalu mempromosikan konten mereka di berbagai platform social media, sambil berinteraksi langsung dengan pembaca dan konsumennya. Untuk bisnis, pergeseran konsumerisme web dan meningkatknya penggunaan social media membawa peluang dan tanggung jawab. Social media menciptakan peluang bagi bisnis untuk membangun hubungan yang langsung dan berkelanjutan dengan pelanggan bisnis mereka. Anda memiliki tanggung jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Perilaku konsumen sendiri sudah berubah, termasuk ekspektasi mereka. Dengan kata lain, Anda bisa memulai percakapan dengan pelanggan Anda melalui social media. Anda bisa menggunakan social media untuk mengetahui apa yang pelanggan Anda suka dan tidak suka serta apa yang mereka inginkan dari bisnis atau brand Anda.


2.7. Sejarah & Perkembangan Social Media
Six Degree (1997-2001) tercatat sebagai media sosial atau situs jejaring sosial (social networking) pertama di dunia. Sebelumnya, tahun 1995 muncul Class Mates namun lebih merupakan ajang reuni online lulusan SMA di Amerika Serikat.

Revolusi terjadi tahun 1999 sejak kemunculan media sosial berupa blog yang memfasilitasi semua orang untuk membuat situs pribadi (personal website). Setelah itu bermunculan media-medis sosial lainnya, mulai Friendster (2002), jejaring sosial kalangan profesional LinkedIn (2003),  MySpace (2003),  Facebook (2004),  Twitter (2006), hingga Google+ (2011), Path, Instagram, hingga belasan medsos baru yang muncul tahun 2015.

Media sosial yang semula sebagai media komunikasi dan interaksi personal, kini berkembang menjadi sarana bisnis online dan publikasi informasi aktual yang menyemarakkan jurnalisme warga (citizen journalism).


2.8. Jenis – Jenis Social Media
Saat ini ada banyak sekali jenis media sosial yang bisa kita temukan di internet. Selain jenis platformnya yang berbeda, jenis konten yang ada di dalam media sosial tersebut juga sangat beragam.
Berikut ini adalah beberapa jenis media sosial tersebut :
1.      Social Networks
Social Networks atau jejaring sosial merupakan jenis media sosial yang paling umum dikenal masyarakat dan paling banyak digunakan. Beberapa social network yang paling banyak digunakan saat ini :
  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • WhatsApp
  • Google Plus
  • Pinterest
  • Dan lain-lain

2.      Komunitas Online (Forum)
Situs forum dan komunitas online umumnya dibangun oleh perorangan atau kelompok yang memiliki minat pada bidang tertentu. Para pengguna forum tersebut dapat melakukan diskusi, chatting, dan memposting tentang topik yang berhubungan dengan minat mereka.
Beberapa contoh komunitas online:
  • Kaskus.co.id
  • Ads.id
  • Brainly.co.id
  • Bersosial.com
  • Formaxmanroe.com
  • Indowebster.com
  • Dan lain-lain

3.      Situs Blog
Situs blog juga termasuk dalam kategori media sosial karena memungkinkan pemilik blog dan pembacanya untuk berinteraksi. Umumnya blog dibuat berdasarkan minat atau keahlian si pemilik blog dan konten di dalamnya dapat mempengaruhi banyak orang.
Beberapa contoh situs blog:
  • Blogger
  • Wordpress
Disini saya akan mengambil Contoh social media yang saya pilih adalah Instagram.

2.9. Sejarah Instagram
Perusahaan Burbn Inc yang berdiri pada tahun 2010 merupakan sebuah perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus pada pengembangan aplikasi untuk telpon genggam. Pada awalnya perusahaan ini fokus terlalu banyak di dalam HTML 5 peranti bergerak, namun Kevin Systrom dan Mike Krieger selaku CEO perusahaan ini memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja. Selama satu minggu mereka terus mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, dan pada akhirnya mereka membuat versi pertama dari Burbn, namun pada versi yang pertama ini masih banyak kekurangan dan masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final dapat dijalankan di iPhone, namun isinya masih terlalu banyak fitur-fitur. Kevin Systrom dan Mike Krieger merasa kesulitan untuk mengurangi fitur-fitur yang ada. Dan akhirnya mereka memulainya dari awal lagi yang memfokuskan pada bagian foto, komentar dan kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Dan inilah yang akhirnya menjadi Instagram.

Instagram terdiri dari dua kata "Insta" dan "Gram". Kata "Insta" berasal dari kata "Instan" yang berarti bahwa instagram ini akan menampilkan foto-foto secara instan, layaknya polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan kata "Gram" berasal dari kata "Telegram" yang berarti memiliki cara kerja untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Di instagram kita dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat.

Karena instagram mengalami perkembangan yang sangat luar biasa dan telah diakses oleh banyak orang di dunia, akhirnya pada 9 April 2012 instagram diambil alih oleh facebook dengan nilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

Dulunya aplikasi instagram ini hanya bisa didownload dari App Store, tetapi seiring dengan berkembangnya aplikasi ini akhirnya instagram hadir di Play Store dan tentunya para pengguna android telah bisa menggunakan aplikasi instagram ini. Setelah setahun peluncurannya, pengguna instagram semakin banyak bahkan telah mencapai 10 juta pengguna.



2.10.        Pengertian Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.


BAB III
IMPLEMENTASI


33.1. Buat Akun Dan Daftar Tokopedia

1.      Buka aplikasi Tokopedia di Handphone anda.
2.      Klik ikon Menu  di pojok kiri atas halaman Tokopedia.
3.      Pilih masuk.
4.      Isi email dan kata sandi yang kamu pakai untuk membuat akun.

5.      Klik Masuk ke Tokopedia.


3.1.1. Cara Membuat Marketplace Online Tokopedia
1.      Untuk memulai membuat toko Anda, klik pada pojok kiri atas.
2.      Kemudian klik “Buka Toko”.
3.      Pilih Lengkapi Informasi Toko.
4.      Pada halaman ini, lengkapi informasi toko Anda berupa slogan toko, deskripsi toko dan logo toko.







5. Lalu klik simpan jika sudah mengisi semua data tentang toko anda.




6.      Toko kamu pun sudah dibuat.





3.1.2. Cara Memasarkan Produk Di Tokopedia

1.      Tambah produk/barang yang akan anda jual di toko anda.



2. Masukan gambar produk yang akan anda jual.


 
3. Masukan judul dan kategori barang yang akan dijual.

4. Masukan deskripsi atau keterangan tentang barang yang akan dijual.

5.   Masukan harga barang yang akan dijual.


6.      Setelah semua sudah terisi sesuai yang kita inginkan, lalu simpan barang yang akan dijual di toko anda.
  

7.      Barang sudah tersimpan di toko anda dan sudah bisa di lihat di halaman toko anda.


3.1.3. Melakukan Pembelian Di Tokopedia
 1. Cari barang yang ingin anda beli, Contoh disini saya ingin membeli jam tangan.


2.  Cari dan pilih barang sesuai dengan selera anda, lalu klik tombol “Tambah Keranjang”.

3. Setelah klik tombol “Tambah Keranjang” barang akan otomatis masuk ke keranjang akun anda, lalu selanjutnya anda kli tombol “Beli” jika anda ingin benar membeli barang tersebut.

4. Isi nama, no Hp, kota atau kecamatan, dan alamat lengkap anda kemudian klik tombol “Tambah Alamat Baru”. 

5. Jika sudah benar dengan alamat anda, kemudian anda harus memilih durasi atau lama pengiriman barang. Setelah itu klik tombol “Pilih Pembayaran”.

6.  Setelah itu pilih pembayaran melalui bank.
 
 7. Lalu masukan nomor rekening dan nama tujuan dan pastikan nomor rekening dan nama tujuan sudah benar. Kemudian klik tombol “Bayar”.
 
8. Pembelian barang telah selesai. tunggu barang yang akan dikirim dari penjual ke pembeli.



3.2. Social Media

3.2.1.Membuat Akun Instagram
1.      Buka www.Instagram.com

2.      Masukkan alamat email Anda, buat nama pengguna dan kata sandi, atau klik Masuk dengan Facebook untuk mendaftar dengan

3. Jika Anda mendaftar dengan email, klik Daftar. Jika Anda mendaftar menggunakan Facebook, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Facebook Anda bila Anda telah keluar.
 

4.   Akun instagram anda sudah selesai dibuat dan anda dapat melihat timeline Tweet dari akun yang dicakup dalam Daftar tersebut.



3.2.2. Cara Menambahkan Teman Di Instagram

1. Cari di pencarian nama yang kita ingin jadikan teman
 





2. Lalu klik tombol "ikuti" untuk menambahkan teman





3. Setelah itu, teman yang anda “ikuti” atau anda tambahkan, ia juga mulai mengikuti anda. Anda sudah berhasil menambahkan teman baru di Instagram.






3.2.3. Cara Menambahkan Foto Di Instagram

1. Klik tombol (+) pada bagian bawah untuk menambahkan atau mengupload foto yang diinginkan 



  2. Lalu cari foto dari galeri anda dan pilih foto yang ingin anda upload



  
3. Setelah anda selesai meilih foto, lalu kilik "Selanjutnya".





4. Lalu anda bisa menambahkan caption dan lokasi di foto anda


5. Foto anda berhasil di upload dan teman-teman anda bisa melihatnya di timeline instagram






3.2.4. Memulai Bisnis Online Di Instagram


1. Buka pengaturan pada aplikasi Instagram anda



  2. Pilih kalimat "Beralih Ke Akun Bisnis".



3. Lalu akan dialihkan dengan klik "lanjutkan"



4. Lalu anda akan di arahkan untuk memilih kategori bisnis apa yang akan anda buat, setelah sudah memilih klik “selanjutnya”.



5. Lalu anda akan diminta untuk memasukan email dan nomor telepon, lalu klik "Selanjutnya"


6. Anda telah selesai membuat akun bisnis di Instagram. Lakukan posting atau upload produk  yang ingin anda pasarkan.



3.2.5. Cara Membuat Status Atau Instastory Di Instagram

1.  Anda bisa klik tombol (+) yang ada di bagian foto profil.



2. Kemudian   anda arahkan kamera handphone ke objek yang anda inginkan atau bisa juga anda mengambil gambar/foto yang sudah ada dari galeri handphone anda.




3. Disini saya mengambil gambar dari galeri handphone untuk dijadikan instastory di instagram. Selanjutnya anda bisa menambahkan fitur-fitur yang tersedia di instagram, Jika sudah anda klik tombol “Kirim Ke” yang berada di pojok kanan bawah.



4. Selanjutnya anda klik tombol “Bagikan”.



5.  Selesai sudah anda membuat status/instastory di instagram dan teman-teman anda dapat melihatnya.



BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Awalnya, perdagangan elektronik merupakan aktivitas perdagangan yang hanya memanfaatkan transaksi komersial saja, misalnya mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian secara elektronik. Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat yaitu “perdagangan via web” (pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web).

Berdagang menggunakan E-Commerce mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah dapat menekan biaya barang dan jasa, serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya. E-Commerce ini, meskipun banyak manfaat dan kelebihannya juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah tidak amannya transaksi karena menggunakan kartu kredit atau nomer rekening, sehingga terkadang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.





DAFTAR PUSTAKA










 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Matakuliah Komputer Dan Masyarakat (Pertemuan 4)

Selain Dijadikan Rujak Manfaat Lain Dari Buah Belimbing