Tugas Akhir Cyberpreneurship
DIGITAL MARKETING
MATAKULIAH
CYBERPRENEURSHIP
16 Rizki Putra Pratama (AA)
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
2019
Dekade ini telah terjadi sebuah kemajuan teknologi yang cukup luar biasa yang melanda hampir di semua belahan bumi ini. Dimana teknologi komputer mampu membuat sebuah dunia baru yang sering kita sebut dunia maya melalui layanan internet. Salah satunya adalah bisnis berbasis online atau yang sering disebut Cyberpreneurship. Cyberpreneur atau infopreneur adalah mereka yang memanfaatkan cyberspace atau dunia maya untuk mengembangkan bisnis atau mendapatkan profit. Untuk mengaplikasikan konsep cyberpreneur dikembangkan konsep atau rumus dasar dalam mengaplikasikan konsep cyberpreneur, yaitu : Content – Traffic – Presell – Monetize.
Konsep di atas apabila diaplikasikan pada UKM dimaksudkan bahwa UKM yang ingin sukses berbisnis secara online dituntut untuk memiliki atau membangun website yang hidup sebagai usaha, oleh karena itu UKM tersebut harus memulianya dengan membangun Isi atau Content yang bermutu. Dengan adanya isi yang bagus akan menarik pengunjung atau Traffic akan meningkat. Setelah pengunjung datang tugas selanjutnya adalah membangun Pra Jual atau Presell yakni menarik hati pengunjung atau pelanggan.Selanjutnya kita membangun kepercayaan mereka pelanggan terhadap kita dan produk kita. Setelah itu baru pada saatnya kita akan mendatangkan uang dengan strategi Monetise (web yang menghasilkan uang) dengan tepat.
Kata Pengantar
Dengan
memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat
menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun
tujuan penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah “
Cyberpreneurship” di Universitas Budi Luhur. Pada kesempatan yang baik ini, izinkanlah penulis menyampaikan rasa hormat dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang dengan tulus ikhlas telah memberikan bantuan dan dorongan kepada penulis dalam menyelesaikan penulisan ini, terutama kepada :
Bapak Subandi, S.Kom, M.Kom selaku Dosen Mata Kuliah Cyberpreneurship Universitas Budi Luhur.
Penulis menyadari bahwa tugas ini masih banyak kekurangan baik bentuk, isi, maupun teknik penyajiannya. Oleh karena itu, kritikan yang bersifat membangun dari berbagai pihak penulis terima dengan tangan terbuka dan sangat diharapkan. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih dan semoga tugas ini bermanfaat bagi para pembaca.
Jakarta, 2 Mei 2019
Penulis
Daftar Isi
Halaman
Judul............................................................................................................... i
Abstrak ………………………………………………………………………………...ii
Kata
pengantar ………………………………………………………………………...iii
Daftar
Isi ………………………………………………………………………………iv
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………....1
1.1.Latar
Belakang ……………………………………………………………...1
1.2.Tujuan ……………………………………………………………………...1
BAB II LANDASAN TEORI………………………………………………………...2
2.1.
Digital Marketing ………………………………………………………….2
2.2.
Kategori Digital Marketing………………………………………………...2
2.2.1.
Seo………………………………………………………………….2
2.2.2. Sem…………………………………………………………………2
2.2.3. Content
Marketing………………………………………………….2
2.2.4. PPC…………………………………………………………………3
2.3.
Cyberpreneurship…………………………………………………………...3
2.4.
E-Commerce ……………………………………………………………….3
2.5.
Contoh E-Commerce…………………………………………………….....4
2.5.1. Sejarah
Tokopedia………………………………………………..….4
2.5.2. Pengertian
Tokopedia………………………………………………..5
2.6.
Social Media………………………………………………………………..5
2.7.
Sejarah & Perkembangan Social Media…………………………………....5
2.8.
Jenis – Jenis Social Media………………………………………………….6
2.9.
Sejarah Instagram…………………………………………………………..7
2.10.
Pengertian Instagram……………………………………………………...8
BAB III IMPLEMENTASI…………………….…………………………………….9
3.1.
Buat Akun Dan Daftar Tokopedia………………………………………....9
3.1.1. Cara Membuat Marketplace Online
Tokopedia…………………....10
3.1.2.
Cara Memasarkan Produk Di Tokopedia…………………………..13
3.1.3.
Melakukan Pembelian Di Tokopedia………………………………16
3.2.
Social Media……………………………………………………………….20
3.2.1. Membuat Akun Instagram…….…………………………………...20
3.2.2.
Cara Menambahkan Teman Di Instagram…………………………22
3.2.3.
Cara Menambahkan Foto Di Instagram……………………………23
3.2.4.
Memulai Bisnis Online Di Instagram……………………………....26
3.2.5.
Cara Membuat Status Atau Instastory Di Instagram………………29
BAB IV PENUTUP…………………………………………………………………...32
4.1.
Kesimpulan ………………………………………………………………...32
DAFTAR PUSTAKA
………………………………………………………………....33
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.
Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.
1.2. Tujuan
Memahami pengertian dari E-Commerce
Dapat mengetahui salah satu aplikasi dari E-Commerce.
Mengerti perkembangan E-Commerce.
Menambah wawasan dan pengetahun mengenai E-Commerce.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. Digital Marketing
Digital
marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media
digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya
target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini
memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak
seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran
digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.
2.2. Kategoti Digital Marketing
2.2.1. SEO
SEO merupakan singkatan dari
Search Engine Optimization. SEO itu sendiri adalah usaha optimasi website agar
memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam Google. Tujuannya
tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet
yang sedang mengakses mesin telusur.
2.2.2. SEM
SEM merupakan singkatan dari
Search Engine Marketing. SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada
halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang
sama, Anda mungkin masih bingung apa bedanya SEO dan SEM. Kami sudah pernah
menjelaskannya pada artikel sebelumnya.
2.2.3. Content Marketing
Content marketing adalah cara
pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang
seperti apa? Konten yang sifatnya relevan dan konsisten agar bisa menarik dan
mempertahankan audiens. Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud adalah
yang telah ditetapkan dengan jelas sebagai target pasar Anda. Tujuannya? Sama
seperti pemasaran secara keseluruhan itu sendiri, yaitu untuk mendorong
tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.
Apa saja sih contoh penerapan
content marketing? Ada sangat banyak sebenarnya, termasuk pesan email ke
pelanggan. Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang bisa
meningkatkan ketertarikan pasar hingga mereka mau bertransaksi bahkan loyal
kepada produsen. Khalayak bisa begitu karena merasa bagian dari brand yang
mereka banggakan. Jadi, content marketing sangat penting.
2.2.4.
PPC
PPC merupakan singkatan dari Pay
Per Click. PPC ini merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling
populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik
iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay Per Impression),
yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000 kali kemunculan).
Contoh PPC adalah dari AdWords
dari Google.
2.3.Cyberpreneurship
Cyberpreneurship adalah suatu langkah atau cara
untuk mempromosikan suatu barang atau jasa melalui teknologi internet. Dalam
hal ini usaha dan bisnis yang dipromosikan menggunakan brosur elektronik yang
dikenal dengan homepage pada internet. Cyberpreneurship adalah jiwa
kewirausahaan yang memanfaatkan media internet. Cyberpreneurship juga dapat
diartikan sebagai kiat-kiat untuk mencari peluang bisnis dengan memanfaatkan
teknologi-teknologi yang tersedia di internet.
2.4. E-Commerce
E-Commerce
secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik
melalui media internet. Selain itu, E-commerce juga dapat diartikan sebagai
suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan
antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik
dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.
Dalam melakukan E-Commerce penggunaan internet menjadi pilihan favorit oleh
kebanyakan orang karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan
internet tersebut, yaitu :
a. Internet sebagai jaringan public
yang sangat besar, cepat dan kemudahan dalam mengaksesnya
b. Internet menggunakan electronic
data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman
dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data
elektronik analog maupun digital.
Sehingga kehadiran E-Commerce
sebagai media transaksi yang baru, cepat dan mudah ini tentunya menguntungkan
banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual
(retailer). Dengan menggunakan internet, proses jual beli dapat dilakukan
dengan menghemat biaya dan waktu.
Selain itu, ada pula E-Commerce Indonesia yang
merupakan tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas
lengkap seperti etalase toko (storefront) dan shopping cart (keranjang
belanja).
Ada juga Commerce Net Indonesia sebagai Commerce
Service Provider (CSP) pertama di Indonesia yang menawarkan kemudahan dalam
melakukan jual beli di internet. Indonesia sendiri telah bekerja sama dengan
lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT
Telkom dan Bank Indonesia. Selain itu, ada pula tujuh situs yang menjadi
anggota Commerce Net Indonesia, seperti Plasa.com, Interactive Mall 2000,
Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan
Trikomsel.
2.5. Contoh E-Commerce
Membeli dan
menjual barang di Internet adalah salah satu contoh paling populer dari
e-commerce. Penjual membuat etalase produk di internet layaknya outlet ritel.
Pembeli dapat mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer
untuk tempat belanja secara online adalah Tokopedia.
2.5.1.
Sejarah Tokopedia
Tokopedia resmi diluncurkan ke
publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William
Tanuwijaya dan Leontinus
Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT
Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan
pertumbuhan yang sangat pesat.
PT Tokopedia mendapatkan
pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Pada tahun-tahun
berikutnya, Tokopedia kembali mendapat suntikan dana dari pemodal ventura
global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice
(2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013). Pada Oktober 2014, Tokopedia
menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi
sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank
Internet and Media Inc (SIMI). Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan
mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.
Pada bulan Agustus 2017,
Tokopedia menerima investasi sebesar USD 1,1 milyar dari Alibaba. Dikabarkan
bahwa keputusan ini dilakukan agar Alibaba dapat semakin memperluas jaringannya
di Indonesia dan Asia Tenggara setelah sebelumnya membeli saham Lazada.
Berkat peranannya dalam
mengembangkan bisnis daring di Indonesia, Tokopedia berhasil meraih penghargaan
Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus
Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. pada tanggal 11 Desember 2014.
Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry
dari Indonesia Digital Economy Award 2016.
Pada tahun 2018, Tokopedia
kembali meraih beberapa penghargaan. Mei lalu lalu aplikasi Tokopedia berhasil
memuncaki Apple Store mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Sementara
di Android, Tokopedia juga berhasil menjadi #3 Top Chart di Google Play
mengalahkan Facebook dan Instagram. Pada Desember 2018 Tokopedia terpilih
sebagai aplikasi terbaik pilihan masyarakat di Google Play.
2.5.2.
Pengertian Tokopedia
Tokopedia telah bertransformasi menjadi
sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia
Tenggara.
Tokopedia
memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap
individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring.
Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak
dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan dasar
Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi
"Membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan
apapun. Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk
berpartisipasi dalam masa depan perekonomian. Tokopedia secara konsisten
mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan
untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring. Usaha
ini juga terlihat dari berbagai program yang dibuat maupun diinisiasi oleh
Tokopedia dengan bekerjasama dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah
satu program kolaborasi yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan
MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018. Acara yang
diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia ini merupakan panggung perayaan
kreasi lokal yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif dalam
negeri.
2.6. Social Media
Social media adalah salah
satu cara bagi orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara online.
Dalam beberapa tahun terakhir ini, membuat konten juga sudah menjadi semakin
simple. Yang telah membantu meroketnya penggunaan media sosial. Pengguna web
sekarang dapat dengan mudah membuat konten pada sejumlah platform yang
berkembang pesat, seperti blog dan forum, lalu mempromosikan konten mereka di
berbagai platform social media, sambil berinteraksi langsung dengan pembaca dan
konsumennya. Untuk bisnis, pergeseran konsumerisme web dan meningkatknya
penggunaan social media membawa peluang dan tanggung jawab. Social
media menciptakan peluang bagi bisnis untuk membangun hubungan yang langsung
dan berkelanjutan dengan pelanggan bisnis mereka. Anda memiliki
tanggung jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Perilaku konsumen
sendiri sudah berubah, termasuk ekspektasi mereka. Dengan kata lain, Anda
bisa memulai percakapan dengan pelanggan Anda melalui social media. Anda
bisa menggunakan social media untuk mengetahui apa yang pelanggan Anda suka dan
tidak suka serta apa yang mereka inginkan dari bisnis atau brand Anda.
2.7. Sejarah & Perkembangan Social Media
Six
Degree (1997-2001) tercatat sebagai media sosial atau situs jejaring sosial
(social networking) pertama di dunia. Sebelumnya, tahun 1995 muncul Class Mates
namun lebih merupakan ajang reuni online lulusan SMA di Amerika Serikat.
Revolusi
terjadi tahun 1999 sejak kemunculan media sosial berupa blog yang memfasilitasi
semua orang untuk membuat situs pribadi (personal website). Setelah itu
bermunculan media-medis sosial lainnya, mulai Friendster (2002), jejaring
sosial kalangan profesional LinkedIn (2003),
MySpace (2003), Facebook (2004), Twitter (2006), hingga Google+ (2011), Path,
Instagram, hingga belasan medsos baru yang muncul tahun 2015.
Media sosial
yang semula sebagai media komunikasi dan interaksi personal, kini berkembang
menjadi sarana bisnis online dan publikasi informasi aktual yang menyemarakkan
jurnalisme warga (citizen journalism).
2.8. Jenis – Jenis Social Media
Saat ini ada banyak sekali jenis
media sosial yang bisa kita temukan di internet. Selain jenis platformnya yang
berbeda, jenis konten yang ada di dalam media sosial tersebut juga sangat
beragam.
Berikut ini adalah beberapa jenis media sosial tersebut
:
1. Social Networks
Social Networks atau jejaring sosial merupakan
jenis media sosial yang paling umum dikenal masyarakat dan paling banyak
digunakan. Beberapa social network yang paling banyak digunakan saat ini :
- YouTube
- Google Plus
- Dan lain-lain
2. Komunitas Online (Forum)
Situs forum dan komunitas online umumnya dibangun
oleh perorangan atau kelompok yang memiliki minat pada bidang tertentu. Para
pengguna forum tersebut dapat melakukan diskusi, chatting, dan memposting
tentang topik yang berhubungan dengan minat mereka.
Beberapa
contoh komunitas online:
- Kaskus.co.id
- Ads.id
- Brainly.co.id
- Bersosial.com
- Formaxmanroe.com
- Indowebster.com
- Dan lain-lain
3. Situs Blog
Situs blog juga termasuk dalam kategori media
sosial karena memungkinkan pemilik blog dan pembacanya untuk berinteraksi.
Umumnya blog dibuat berdasarkan minat atau keahlian si pemilik blog dan konten
di dalamnya dapat mempengaruhi banyak orang.
Beberapa
contoh situs blog:
- Blogger
- Wordpress
Disini saya akan mengambil Contoh social
media yang saya pilih adalah Instagram.
2.9. Sejarah Instagram
Perusahaan Burbn
Inc yang berdiri pada tahun 2010 merupakan sebuah perusahaan teknologi startup
yang hanya berfokus pada pengembangan aplikasi untuk telpon genggam. Pada
awalnya perusahaan ini fokus terlalu banyak di dalam HTML 5 peranti bergerak,
namun Kevin Systrom dan Mike Krieger selaku CEO perusahaan ini
memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja. Selama satu minggu mereka
terus mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, dan pada akhirnya mereka
membuat versi pertama dari Burbn, namun pada versi yang pertama ini masih
banyak kekurangan dan masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn
yang sudah final dapat dijalankan di iPhone, namun isinya masih terlalu banyak
fitur-fitur. Kevin Systrom dan Mike Krieger merasa kesulitan untuk mengurangi
fitur-fitur yang ada. Dan akhirnya mereka memulainya dari awal lagi yang
memfokuskan pada bagian foto, komentar dan kemampuan untuk menyukai sebuah
foto. Dan inilah yang akhirnya menjadi Instagram.
Instagram
terdiri dari dua kata "Insta" dan "Gram". Kata
"Insta" berasal dari kata "Instan" yang berarti bahwa
instagram ini akan menampilkan foto-foto secara instan, layaknya polaroid di
dalam tampilannya. Sedangkan kata "Gram" berasal dari kata
"Telegram" yang berarti memiliki cara kerja untuk mengirimkan
informasi kepada orang lain dengan cepat. Di instagram kita dapat mengunggah
foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang ingin
disampaikan dapat diterima dengan cepat.
Karena instagram mengalami
perkembangan yang sangat luar biasa dan telah diakses oleh banyak orang di
dunia, akhirnya pada 9 April 2012 instagram diambil alih oleh facebook dengan
nilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.
Dulunya aplikasi instagram ini
hanya bisa didownload dari App Store, tetapi seiring dengan berkembangnya
aplikasi ini akhirnya instagram hadir di Play Store dan tentunya para pengguna
android telah bisa menggunakan aplikasi instagram ini. Setelah setahun
peluncurannya, pengguna instagram semakin banyak bahkan telah mencapai 10 juta
pengguna.
2.10.
Pengertian
Instagram
Instagram
adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto,
menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring
sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram
adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil
kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3
yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.
BAB III
IMPLEMENTASI
33.1. Buat Akun Dan Daftar Tokopedia
1.
Buka aplikasi Tokopedia di Handphone anda.
2.
Klik ikon Menu
di pojok kiri atas halaman Tokopedia.
3. Pilih masuk.
4.
Isi email dan
kata sandi yang kamu pakai untuk membuat akun.
5. Klik Masuk
ke Tokopedia.
3.1.1. Cara
Membuat Marketplace Online Tokopedia
1.
Untuk memulai membuat toko Anda, klik pada pojok
kiri atas.
2.
Kemudian klik “Buka Toko”.
3.
Pilih Lengkapi Informasi Toko.
4.
Pada halaman ini, lengkapi informasi toko Anda
berupa slogan toko, deskripsi toko dan logo toko.
5. Lalu klik simpan jika sudah
mengisi semua data tentang toko anda.
6.
Toko kamu pun sudah dibuat.
3.1.2. Cara
Memasarkan Produk Di Tokopedia
1.
Tambah produk/barang yang akan anda jual di toko
anda.
2. Masukan
gambar produk yang akan anda jual.
3. Masukan judul dan kategori barang yang akan dijual.
4. Masukan
deskripsi atau keterangan tentang barang yang akan dijual.
5.
Masukan harga barang yang akan dijual.
6.
Setelah semua sudah terisi sesuai yang kita
inginkan, lalu simpan barang yang akan dijual di toko anda.
7.
Barang sudah tersimpan di toko anda dan sudah bisa
di lihat di halaman toko anda.
3.1.3.
Melakukan Pembelian Di Tokopedia
1. Cari barang
yang ingin anda beli, Contoh disini saya ingin membeli jam tangan.
2. Cari dan pilih
barang sesuai dengan selera anda, lalu klik tombol “Tambah Keranjang”.
3. Setelah klik tombol “Tambah Keranjang” barang akan otomatis masuk ke keranjang akun
anda, lalu selanjutnya anda kli tombol “Beli” jika anda ingin benar membeli
barang tersebut.
4. Isi nama,
no Hp, kota atau kecamatan, dan alamat lengkap anda kemudian klik tombol
“Tambah Alamat Baru”.
5. Jika sudah
benar dengan alamat anda, kemudian anda harus memilih durasi atau lama
pengiriman barang. Setelah itu klik tombol “Pilih Pembayaran”.
6. Setelah
itu pilih pembayaran melalui bank.
7. Lalu masukan
nomor rekening dan nama tujuan dan pastikan nomor rekening dan nama tujuan
sudah benar. Kemudian klik tombol “Bayar”.
8. Pembelian barang telah selesai. tunggu barang yang akan dikirim dari penjual ke pembeli.
3.2. Social Media
3.2.1.Membuat Akun Instagram
2.
Masukkan alamat email Anda, buat nama pengguna dan
kata sandi, atau klik Masuk dengan Facebook untuk mendaftar dengan
3.
Jika Anda mendaftar dengan email, klik Daftar. Jika Anda mendaftar
menggunakan Facebook, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Facebook
Anda bila Anda telah keluar.
4. Akun instagram anda sudah selesai dibuat dan anda
dapat melihat timeline Tweet dari akun yang dicakup dalam Daftar tersebut.
3.2.2. Cara Menambahkan Teman Di Instagram
1. Cari di pencarian nama yang kita ingin jadikan teman
2. Lalu klik tombol "ikuti" untuk menambahkan teman
3. Setelah itu, teman yang anda “ikuti” atau anda tambahkan, ia juga mulai mengikuti anda. Anda sudah berhasil menambahkan teman baru di Instagram.
3.2.3. Cara
Menambahkan Foto Di Instagram
1. Klik tombol (+) pada bagian bawah untuk menambahkan atau mengupload foto yang diinginkan
1. Klik tombol (+) pada bagian bawah untuk menambahkan atau mengupload foto yang diinginkan
3. Setelah anda selesai meilih foto, lalu kilik "Selanjutnya".
4. Lalu anda bisa menambahkan caption dan lokasi di foto anda
5. Foto anda berhasil di upload dan teman-teman anda bisa melihatnya di timeline instagram
3.2.4.
Memulai Bisnis Online Di Instagram
1. Buka pengaturan pada aplikasi Instagram anda
2. Pilih kalimat "Beralih Ke Akun Bisnis".
3. Lalu akan dialihkan dengan klik "lanjutkan"
4. Lalu anda akan di arahkan untuk memilih kategori bisnis apa yang akan anda buat, setelah sudah memilih klik “selanjutnya”.
5. Lalu anda akan diminta untuk memasukan email dan nomor telepon, lalu klik "Selanjutnya"
6. Anda telah selesai membuat akun bisnis di Instagram. Lakukan posting atau upload produk yang ingin anda pasarkan.
3.2.5.
Cara Membuat Status Atau Instastory Di Instagram
1. Anda bisa
klik tombol (+) yang ada di bagian foto profil.
2. Kemudian anda arahkan
kamera handphone ke objek yang anda inginkan atau bisa juga anda mengambil
gambar/foto yang sudah ada dari galeri handphone anda.
3. Disini saya mengambil gambar dari galeri handphone untuk dijadikan instastory di instagram. Selanjutnya anda bisa menambahkan fitur-fitur yang tersedia di instagram, Jika sudah anda klik tombol “Kirim Ke” yang berada di pojok kanan bawah.
4. Selanjutnya anda klik
tombol “Bagikan”.
5. Selesai sudah anda membuat status/instastory di instagram dan
teman-teman anda dapat melihatnya.
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
E-commerce atau bisa disebut
Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Awalnya, perdagangan elektronik
merupakan aktivitas perdagangan yang hanya memanfaatkan transaksi komersial
saja, misalnya mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian secara
elektronik. Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah
yang lebih tepat yaitu “perdagangan via web” (pembelian barang dan jasa melalui
World Wide Web).
Berdagang menggunakan E-Commerce
mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah dapat menekan biaya barang dan
jasa, serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut
kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik
sesuai dengan harganya. E-Commerce ini, meskipun banyak manfaat dan
kelebihannya juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah tidak amannya
transaksi karena menggunakan kartu kredit atau nomer rekening, sehingga
terkadang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar